Perbandingan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Reciprocal Teaching Dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Sel Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Retnaningsih, Wahyu Sekti and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Perbandingan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Reciprocal Teaching Dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Sel Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (313kB)

Abstract

Model pembelajaran biologi yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta menggunakan model ceramah. Inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa biologi yaitu model pembelajaran picture and picture dan reciprocal teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi yang diberi model pembelajaran picture and picture dan reciprocal teaching . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen pendidikan kuantitatif, yaitu perbandingan dua model pembelajaran dan satu kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, homogenitas dan hipotesis (Anova satu jalur). Hasil pengujian hipotesis menggunakan a = 5% menunjukkan Fhitung = (24,842) dengan Ftabel (2,710). Diperoleh dari nilai tabel F pada taraf signifikan 5% dengan (df=3,86) yaitu sebesar 2,710. Oleh karena F hitung 24,842 > 2,710 Ftabel maka Ho ditolak, yang berarti diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelas kelompok pembelajaran biologi. Disimpulkan bahwa prestasi belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching (81,7) lebih baik daripada prestasi belajar biologi menggunakan model pembelajaran picture and picture (77,7) dan kontrol (61,0) pada pokok bahasan sel hewan dan tumbuhan yang dilihat dari nilai ratarata test masing-masing kelas pada proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar biologi model pembelajaran picture and picture, reciprocal teaching, dan kontrol, uji homogenitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2014 13:02
Last Modified: 18 Oct 2021 01:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28738

Actions (login required)

View Item View Item