Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Inquiry Dan Discovery Dalam Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Penda Tawangmangu Tahun Ajaran 2013/2014

Martisari, Intan and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Inquiry Dan Discovery Dalam Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Penda Tawangmangu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (654kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (628kB)

Abstract

Pelajaran Biologi merupakan pelajaran yang mengedepankan kemampuan bekerja secara ilmiah dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan pembelajaran Biologi hendaknya tidak hanya berpusat pada guru, akan tetapi siswa berperan sebagai subjek serta objek pembelajaran. Inquiry merupakan salah satu model pembelajaran yang bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir siswa, sedang discovery merupakan strategi yang digunakan untuk memecahkan masalah secara intensif di bawah pengawasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran inquiry dan discovery dalam mata pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIII di SMP Penda Tawangmangu tahun ajaran 2013/2014. Penelitian yang diambil termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen menggunakan analisis non parametrik Kruskal-Wallis. Memberikan perlakuan tiga kelas untuk membandingkan dua strategi pembelajaran yang berbeda. Hasil yang diperoleh adalah nilai rata-rata kognitif tertinggi diperoleh kelas discovery 74,81, kemudian diperoleh kelas kontrol 71,54 dan rata-rata terendah diperoleh kelas inquiry 70,49. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai signifikansi yaitu 0,013 < 0,05, sehingga H0 ditolak maka ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan strategi pembelajaran inquiry dan discovery. Hasil belajar afektif mempunyai nilai signifikansi 0,147 > 0,05, sehingga H0 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan strategi pembelajaran inquiry dan discovery dalam mata pelajaran IPA BiologI siswa kelas VIII di SMP Penda Tawangmangu tahun ajaran 2013/2014.Perbedaan nyata ada pada hasil kognitif strategi pembelajaran discovery.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, inquiry, discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2014 09:54
Last Modified: 17 Oct 2021 23:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28733

Actions (login required)

View Item View Item