Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Di Smp Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus Gumpang Kartasura Kabupaten Sukoharjo

Nuryana, Ida Siti (2014) Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Di Smp Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus Gumpang Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (840kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (427kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pembelajaran matematika berbasis Lesson Study untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam berdiskusi, keberanian siswa saat bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan, dan perhatian siswa saat guru menjelaskan materi. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri atas informan dan tempat (peristiwa). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) angket. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi data dan informan review. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) implementasi Lesson Study sudah baik ditunjukkan dengan adanya kesiapan guru dalam perencanaan pembelajaran dan kemampuan mengelola kelas serta mengetahui masalah-masalah yang dihadapi siswa; (2) adanya peningkatan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok dan keberanian siswa saat bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan; (3) sebesar 18,75 % siswa yang aktif dalam diskusi dan 31,25 % siswa yang berani bertanya pada siklus I. Pada siklus II, sebesar 43,75 % siswa yang aktif dalam diskusi dan 50 % siswa yang berani bertanya. Sedangkan pada siklus III, sebesar 81,25 % siswa aktif dalam berdiskusi dan 68,75 % siswa berani untuk bertanya; (4) kemampuan siswa dalam memanagemen waktu sudah baik yang ditandai dengan terselesaikannya soal-soal yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, lesson study, pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2014 08:10
Last Modified: 21 Apr 2014 08:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28723

Actions (login required)

View Item View Item