Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Problem Based Introduction Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Geyer Tahun Ajaran 2013/2014)

Fitriyani, Nur Ita and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Problem Based Introduction Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Geyer Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (818kB)
[img] PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian, (1) mendeskripsikan peningkatan kemandirian setelah diterapkan strategi Problem Based Introduction, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi Problem Based Introduction. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian 31 (12 laki-laki dan 19 perempuan) siswa kelas VIIA SMP N 2 Geyer. Metode pengumpulan, observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian, (1) Ada peningkatan kemandirian siswa yang diamati dari indikator kemandirian meliputi: a) bertanggung jawab sebelum tindakan 20%, siklus I 33,33%, siklus II 50%, siklus III 63,33%, b) mampu mengatasi masalah sebelum tindakan 33,33%, siklus I 46,67%, siklus II 60%, siklus III 70%, c) percaya akan kemampuan sendiri sebelum tindakan 16,67%, siklus I 23,33%, siklus II 40%, siklus III 60%, d) mampu mengatur dirinya sendiri sebelum tindakan 30%, siklus I 36,67%, siklus II 53,33%, siklus III 73,33%, (2) Ada peningkatan hasil belajar matematika siswa yang dibandingkan dengan ≥ KKM 75, yaitu sebelum tindakan 29,03%, siklus I 36,67%, siklus II 53,33%, siklus III 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aljabar; hasil belajar; kemandirian; problem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2014 07:02
Last Modified: 14 Oct 2021 02:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28717

Actions (login required)

View Item View Item