Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Pada SMP Negeri 1 Mojolaban)

Sholikhah, Ayuk Nur and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Pada SMP Negeri 1 Mojolaban). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (452kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (943kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru, kesiapan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran terkait implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika. Informan dalam penelitian ini adalah tiga (3) guru matematika kelas VII di SMP Negeri 1 Mojolaban. Data yang dikumpulkan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif melalui 4 alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika kelas VII di SMP Negeri 1 Mojolaban telah siap dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika. Guru matematika kelas VII telah menerapkan 10 indikator kompetensi pedagogik guru menurut Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 dalam pembelajaran. Kesiapan guru matematika dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai tuntutan Kurikulum 2013. Selain itu diperoleh data tentang permasalahan yang muncul dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika, yaitu ketidaksesuaian kompetensi inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada buku pedoman guru, ketidakruntutan materi pada buku pegangan siswa serta kurangnya contoh soal yang ada dalam buku pedoman guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, kesiapan guru, kompetensi pedagogik, kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2014 08:08
Last Modified: 14 Oct 2021 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28715

Actions (login required)

View Item View Item