Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lembar Kegiatan Siswa (LKS) (PTK pada Siswa Kelas VIII B Semester I SMP Negeri 1 Jatisrono Tahun Ajaran 2013/2014)

Purbasari, Yanuar Kristina and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2014) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lembar Kegiatan Siswa (LKS) (PTK pada Siswa Kelas VIII B Semester I SMP Negeri 1 Jatisrono Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (704kB)
[img]
Preview
PDF (BAb I)
04._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (BAb II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Jatisrono yang berjumlah 34 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII B. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) mengaplikasikan soal ke dalam model matematika sebelum tindakan 26,47% dan setelah tindakan 76,47%, 2) menggunakan metode dari konsep SPLDV dengan tepat sebelum tindakan 17,65% dan setelah tindakan 67,65%, dan 3) menarik suatu kesimpulan dari pernyataan sebelum tindakan 20,59% dan setelah tindakan 73,53%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dapat meningkatkan pemahaman konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lembar kegiatan siswa (lks); model pembelajaran think pair share (tps); pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2014 07:11
Last Modified: 19 Oct 2021 13:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28710

Actions (login required)

View Item View Item