Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Inquiry Dengan Berbasis Macromedia Flash 8 Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas XI Semester Genap SMK N 1 Banyudono Tahun 2013/2014

Rizki R,, Bayu Hepy and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Inquiry Dengan Berbasis Macromedia Flash 8 Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas XI Semester Genap SMK N 1 Banyudono Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (573kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kreativitas siswa melalui strategi Inquiry berbasis Macromedia Flash 8. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas XI.TKJ 1 SMK N 1 Banyudono berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode dan penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kreativitas siswa. Peningkatan kreativitas dilihat dari indikator: 1) rasa ingin tahu siswa terhadap suatu masalah dari kondisi awal 22,22% meningkat menjadi 72,22%, 2) kemampuan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan terhadap suatu masalah dari kondisi awal 19,44% meningkat menjadi 72,22%, 3) kemampuan siswa dalam menentukan solusi dan menuliskan jawaban dari permasalahan dari kondisi awal 27,78% meningkat menjadi 80,55% , 4) kemampuan siswa dalam menentukan kesimpulan dari kondisi awal 22,22% meningkat menjadi 77,78%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Inquiry berbasis Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas; inquiry; macromedia flash 8
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2014 06:46
Last Modified: 19 Oct 2021 13:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28707

Actions (login required)

View Item View Item