Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa (PTK Pada Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Saraswati, Saraswati and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa (PTK Pada Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X jurusan Pemasaran SMK Batik 1 Surakarta dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X PM SMK Batik 1 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Peleksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan alur yang terjadi melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi penyidik. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar mateamtika siswa, dapat dilihat dari : 1) kemampuan siswa mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 12,12% dan setelah tindakan 54,54%, 2) kemampuan siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 13,2% dan setelah tindakan 60,6%, 3) kemampuan siswa bekerja sama dalam kelompok sebelum tindakan 15,15% dan setelah tindakan 69,69%, 4) kemampuan siswa mengemukakan ide matematika secara tertulis sebelum tindakan 21,21% dan setelah tindakan 75,75%, 5) prestasi belajar siswa sebelum tindakan 15,15% dan setelah tindakan 60,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier dan persamaan kuadrat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi, prestasi, Auditory Intellectually Repetition, Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2014 11:15
Last Modified: 19 Oct 2021 13:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28706

Actions (login required)

View Item View Item