Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Di SML Muhammadiyah 1 Sukoharjo

Prabawati, Luna Eka and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Di SML Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI_LUNA.pdf

Download (389kB)

Abstract

Tujuan penelitian, untuk mengetahui implementasi pembelajaran matematika berbasis lesson study di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan action research. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X TKJ yang berjumlah 37 siswa dan guru model. Metode pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara. Teknik analisis data dilakukan sejak dilakukannya plan-do-see. Hasil penelitian menunjukan adanya kemampuan guru dalam melaksanakan plan-do-see dalam kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan kondisi yang terjadi. Dampak yang ditimbukan adanya lesson study yaitu adanya peningkatan keaktifan siswa, peningkatan pemahaman, dapat membuat siswa mandiri dan meningkatkan profesional guru. Untuk keaktifan di tahap I yang memiliki keaktifan kurang sebanyak 32,43%, siswa aktif 40,5%, sangat aktif 27,03% di tahap II untuk siswa kurang aktif sebesar 8,11%, siswa aktif 64,86%, sangat aktif 27,03%. Untuk pemahaman siswa, tahap I terdapat 6 kelompok dari 9 kelompok yang memiliki nilai dibawah KKM, ditahap II terdapat 2 kelompok dari 7 kelompok yang memiliki nilai dibawah KKM. Kemandirian siswa tampak melalui dokumentasi yang memperlihatkan siswa aktif berdiskusi. Ditahap III karena adanya keterbatasan waktu, guru model dan observer lebih menekankan pada desain pembelajaran dengan bantuan LCD proyektor dan makromedia flesh 8 guna efisiensi waktu namun tetap memberikan pemahaman yang baik bagi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lesson study, plan, do,see
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2014 08:44
Last Modified: 19 Oct 2021 13:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28702

Actions (login required)

View Item View Item