Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning(PTK pada siswa kelas VII Semester Ganjil SMP N 1 Kerjo tahun 2013/2014)

WAHYUNI, SRI (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Learning(PTK pada siswa kelas VII Semester Ganjil SMP N 1 Kerjo tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
depan.pdf

Download (459kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
babI.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (BAB II)
babII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (BAB III)
babIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (BAB IV)
babIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (BAB V)
babV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
daftar_pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
naskah_publikasi.pdf

Download (224kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika bagi siswa kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 1 Kerjo melalui strategi Problem Based Learning. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Data yang diperoleh berupa nilai tugas individu pada setiap akhir pertemuan dalam siklus 1 dan siklus II. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Subjek penerima tindakan adalah siswa VII A. Subjek pelaku tindakan adalah guru matematika Ibu Dewi Isjayanti, S.Pd. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah yaitu: a) kemampuan memahami apa yang diketahui sebesar 27 siswa (90%), b) kemampuan memahami apa yang ditanyakan sebesar 23 siswa (76,67%), c) kemampuan merencanakan penyelesaian sebesar 28 siswa (93,33%), d) kemampuan melaksanakan perencanaan yang telah dibuat sebesar 28 siswa (93,33%), e) kemampuan melakukan pengecekan sebesar 24 siswa (80%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan-Pemecahan Masalah, Problem-Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 17 Apr 2014 06:56
Last Modified: 17 Apr 2014 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28699

Actions (login required)

View Item View Item