Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Team Assisted Individualization (TAI) Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014

Astuti, Wiwin (2014) Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Team Assisted Individualization (TAI) Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing kategori strategi pembelajaran, aktivitas belajar matematika dan interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah 27 siswa kelas VIII C dikenai strategi pembelajaran GI sebagai kelompok eksperimen dan 29 siswa kelas VIII D dikenai strategi pembelajaran TAI sebagai kelompok kontrol. Sebelum perlakuan dilakukan uji keseimbangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan angket. Uji coba instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) strategi pembelajaran kooperatif tipe GI memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran kooperatif tipe TAI . (2) prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar sedang maupun rendah, dan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar sedang lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar rendah. (3) pada masing-masing aktivitas belajar siswa strategi pembelajaran kooperatif tipe GI memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran kooperatif tipe TAI .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, GI, prestasi belajar, dan TAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2014 11:55
Last Modified: 16 Apr 2014 14:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28686

Actions (login required)

View Item View Item