Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Mojopuro 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014

Nurhayati, Dina and , Drs. Djaelani, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Mojopuro 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (230kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal anak kelompok A di TK Pertiwi Mojopuro 1, melalui pembelajaran kooperatif teknik Make a Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan untuk masing-masing siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Pertiwi Mojopuro 1, yang berjumlah 16 dengan 11 orang anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data kecerdasan interpersonal menggunakan teknik analisis komparatif dan analisis data pada pembelajaran kooperatif teknik Make a Match menggunakan teknik analisis interaktif dengan prosedur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria ketuntasan (KKM) pada penelitian ini ≥ 2,6 dengan skala 1-4. Hasil penelitian pada prasiklus anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 5 anak atau 31,25%. Pada siklus I anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 10 anak atau 62,5%, dan pada siklus II anak yang memperoleh skor ≥ 2,6 sebanyak 13 anak atau 81,25%. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik Make a Match dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok A TK Pertiwi Mojopuro 1 Wonogiri tahun ajaran 013/2014. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal, Teknik Make a Match
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2014 11:49
Last Modified: 17 Oct 2021 08:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28685

Actions (login required)

View Item View Item