Analisis Buku Ajar Matematika SMA Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014 Ditinjau Dari Aspek Kognitif

ANDRIYANA, YUMI PRIMA (2014) Analisis Buku Ajar Matematika SMA Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014 Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (601kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis buku ajar matematika SMA kelas X semester gasal tahun ajaran 2013/2014 ditinjau dari aspek kognitif. Aspek kognitif yang berupa ranah pengetahuan meliputi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. Untuk itu dipilih tiga buku ajar matematika SMA kelas X semester gasal dengan penerbit yang berbeda yaitu: Erlangga, Yudhistira, Politeknik Negeri Media Kreatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisis materi pembelajaran yang ditinjau dari aspek kognitif ranah pengetahuan yang terdapat pada ketiga buku ajar tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aspek kognitif ranah pengetahuan berupa fakta persentase terbesar dimiliki oleh buku dengan judul ”Matematika untuk SMA kelas X” karangan Agung Lukito dan Sisworo 8,71%. sedangkan buku dengan judul “Matematika untuk SMA/MA kelas X” karangan Sukino memiliki persentase terkecil 4,70%. (2) aspek kognitif ranah pengetahuan berupa konsep persentase terbesar dimiliki buku dengan judul”Matematika untuk SMA kelas X” karangan Agung Lukito dan Sisworo 39,34%, sedangakan buku dengan judul “Matematika untuk SMA/MA kelas X” karangan Sukino memiliki persentase terkecil 22,36%. (3) aspek kognitif ranah pengetahuan berupa prinsip persentase terbesar dimiliki buku dengan judul judul “Matematika untuk SMA/MA kelas X Semester 1” karangan Sukino 12,82%. sedangakan buku dengan judul “Jelajah Matematika SMA kelas X Program Wajib” karangan S.N Sharma memiliki persentase terkecil 4,86%. (4) aspek kognitif ranah pengetahuan berupa prosedur persentase terbesar dimiliki buku dengan judul “Matematika untuk SMA/MA kelas X Semester 1” karangan Sukino 60,12%, sedangakan buku dengan judul”Matematika untuk SMA kelas X” karangan Agung Lukito dan Sisworo memiliki persentase terkecil 44,44%. (5) dari ketiga buku yang diteliti diperoleh hasil bahwa aspek kognitif yang paling dominan adalah aspek kognitif ranah pengetahuan yang berupa prosedur sebesar 53,78%, konsep 30,47%, prinsip 9,28% dan yang terakhir fakta 6,47%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: buku ajar; fakta; konsep; prinsip; prosedur
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 16 Apr 2014 09:48
Last Modified: 16 Apr 2014 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28683

Actions (login required)

View Item View Item