Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Teori Belajar Bruner Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII Semester Gasal MTsN Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun 2013/2014

RAKASIWI, RISKA IRNANDA PUTRI (2014) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Teori Belajar Bruner Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII Semester Gasal MTsN Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (376kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji :(1) pengaruh penerapan teori belajar Bruner terhadap prestasi belajar matematika,(2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika,(3) interaksi antara penerapan teori belajar Bruner dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2013/2014. Sampel pada penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIIIF sebagai kelas kontrol yang dikenai dengan metode konvensional dan kelas VIIIG sebagai kelas eksperimen yang dikenai dengan penerapan teori belajar Bruner. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi (nilai ulangan tengah semester gasal tahun 2013/2014) untuk mengetahui kemampuan awal dan metode tes untuk mengetahui prestasi belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji lanjut pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil : (1) ada pengaruh penerapan teori belajar Bruner terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FA= 5,839 (2) ada pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FB=10,155 (3) tidak ada interaksi antara penerapan teori belajar Bruner dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FAB = 0,146.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: teori Bruner, kemampuan awal, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 16 Apr 2014 09:35
Last Modified: 16 Apr 2014 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28682

Actions (login required)

View Item View Item