Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question (PTK Kelas VIIB Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun 2013/2014)

Anantotur, Sutan Hade and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Dan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question (PTK Kelas VIIB Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (251kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar matematika melalui strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question (LSQ). Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 1 Kartasura yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, pengamatan atau observasi, catatan lapangan, kajian dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis kritis dan komparatif. Teknik analisis kritis digunakan untuk analisis data kualitatif/kata-kata. Teknik analisis komparatif digunakan untuk analisis data kuantitatif/angka-angka. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa: 1) perhatian atau antusias saat guru memberi penjelasan materi sebelum tindakan 32,3% dan di akhir tindakan mencapai 68,75%, 2) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 9,375% dan di akhir tindakan mencapai 53,125%, 3) mengerjakan PR atau tugas dari guru sebelum tindakan sebesar 46,875% dan setelah tindakan mencapai 87,5%. Keaktifan belajar siswa meliputi: 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 3,125% dan di akhir tindakan mencapai 46,875%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 56,25%, 3) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 6,25% dan di akhir tindakan mencapai 62,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question (LSQ) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar bagi siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 1 Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, learning start with a question, motivasi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 16 Apr 2014 08:01
Last Modified: 19 Oct 2021 13:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28677

Actions (login required)

View Item View Item