Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013 Di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo

WATI, ANISYA ITSNA (2014) Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013 Di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pendidikan karkter dalam pembelajaran matematika pada kurikulum 2013 meliputi perencanaan pembelajara, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran matematika. Informan dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui 4 alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran matematika meliputi perancangan silabus dan RPP yang sudah memuat pendidikan karakter yaitu pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, serta terdapat lembar penilaian karakter siswa. Pengelolaan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran matematika meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan guru mengelola karakter religius dengan berdoa, disiplin dengan masuk kelas tepat waktu dan peduli lingkungan dengan mengajak siswa menjaga kebersihan kelas, serta guru membertikan motivasi pada siswa. Pada kegiatan inti, guru mengelola pendidikan karakter dengan menerapkan metode pembelajaran diskusi sehingga membiasakan siswa memilki karakter demokratis, toleransi, peduli sosial, komunikatif, rasa ingin tahu, cinta damai, kerja keras, dan kreatif. Pada kegiatan penutup guru membiasakan siswa untuk memiliki karakter tanggung jawab dan kreatif dengan pemberian tugas. Pengelolaan pendidikan karakter dalam evaluasi pembelajaran matematika adalah guru melaksanakan ulangan harian atau tugas individu sehingga siswa dapat membiasakan diri memilki karakter jujur, disiplin, kerja keras dan tangggung jawab. Penilaian juga dapat dilakukan dengan pengamatan pada proses pembelajaran unutk mengetahui sikap, pengetahuan dan ketrampilan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, pendidikan karakter, kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 16 Apr 2014 07:07
Last Modified: 16 Apr 2014 07:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28675

Actions (login required)

View Item View Item