Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Gambar Seri Pada Kelompok B TK Gilirejo 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014

Wijiyanto, Wijiyanto and , Dr. Darsinah, M.Si (2013) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Gambar Seri Pada Kelompok B TK Gilirejo 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (457kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Gilirejo 1 Kec. Miri, Kab. Sragen yang berjumlah 22 anak sebagai penerima tindakan. Peneliti yang berkolaborasi dengan teman sejawat sebagai pemberi tindakan. Data yang dikumpulkan dala m penelitian ini adalah data tentang kemampuan berbahasa anak dan data tentang pembelajaran guru dengan media gambar seri. Kedua data tersebut dikumpulkan melalui teknik observasi. Data kemampuan berbahasa anak dianalisis dengan analisis komparatif dan data tentang proses pembelajaran guru dengan media gambar seri Dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebelum siklus satu rata-rata kemampuan berbahasa anak mencapai 50%, berarti bahawa hampir semua anak kemampuan berbahasanya baru mulai berkembang. Setelah penerapan media gambar seri pada siklus satu rata-rata kemampuan berbahasa anak 68,56% yang berarti bahwa anak yang baru mulai berkembang sudah dapat berkembang sesuai harapan walaupun hanya beberapa anak saja. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus dua rata -rata kemampuan berbahasa anak mencapai 87,12% artinya hampir semua anak sudah dapat berkembang sesuai harapan bahkan ada beberapa anak yang sudah berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada Kelompok B TK Gilirejo 1 Kec. Miri, Kab. Sragen tahun pelajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Berbahasa, Media Gambar Seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2014 13:03
Last Modified: 01 Nov 2021 12:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28672

Actions (login required)

View Item View Item