Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Matematika (Penelitian Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Kelas D Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2013/2014 )

Winarno, Ardi and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Matematika (Penelitian Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Kelas D Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2013/2014 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_ARDI.pdf

Download (660kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_ARDIdocx.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_New_ARDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_ARDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_ARDI_New.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_ARDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_ARDI.pdf

Download (221kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ARDI.pdf

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang implementasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika. Informan dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 kelas D Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket sebagai metode pokok. Metode bantu berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa tentang implementasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika adalah (1) Nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika meliputi religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif dan tanggung jawab, (2) Implementasi nilai-nilai keislaman perlu diterapkan dalam pembelajaran matematika karena dapat menjadikan mahasiswa dekat dengan Allah SWT dan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, (3) Implementasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika meliputi mengucapkan salam dan doa sebelum dan sesudah pembelajaran; melafalkan ayat-ayat Al Quran; memotivasi mahasiswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik; menanamkan sikap jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, tanggung jawab; memfasilitasi mahasiswa dalam pembelajaran matematika; memberikan teladan yang baik bagi mahasiswa; mengaitkan materi matematika dengan nilai-nilai keislaman. (4) Mahasiswa menyadari bahwa menerapkan dan mengaplikasikan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan setiap mahasiswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, nilai-nilai keislaman, pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2014 09:50
Last Modified: 19 Oct 2021 13:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item