Peningkatan Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning (PTK Bagi Siswa Kelas VIIC SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun 2013/2014)

Khasanah, Laelatul and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning (PTK Bagi Siswa Kelas VIIC SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (128kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan soal cerita matematika melalui strategi Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas VIIC SMP Muhammadiyah 4 Sambi tahun 2013/ 2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur yang terdiri dari tiga alur yaitu proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan soal cerita matematika, hal ini dapat dilihat dari: 1) kemampuan memahami dan menangkap makna dalam soal cerita, sebelum tindakan 37,5% dan setelah tindakan meningkat menjadi 68,75%, 2) kemampuan memisahkan dan mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanya, sebelum tindakan 40,63% dan setelah tindakan meningkat menjadi 78,13%, 3) kemampuan menggunakan rumus yang sesuai dengan apa yang ditanyakan, sebelum tindakan 28,13% dan setelah tindakan meningkat menjadi 62,5% dan 4) kemampuan menyelesaikan perhitungan dengan rumus yang sesuai, sebelum tindakan 43,75% dan setelah tindakan meningkat menjadi 65,63%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 4 Sambi pada pokok bahasan aritmatika sosial dan perbandingan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning; problem ;soal cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2014 08:49
Last Modified: 19 Oct 2021 12:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28662

Actions (login required)

View Item View Item