Peningkatan Sikap Kerja Keras Dan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Talking Stick (PTK Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Al Hidayah Genengadal Toroh Tahun Ajaran 2013/2014)

Avitoh, Dyah Ayu (2014) Peningkatan Sikap Kerja Keras Dan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Talking Stick (PTK Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Al Hidayah Genengadal Toroh Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (804kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (490kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja keras dan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB MTs Al Hidayah Genengadal Toroh yang berjumlah 35 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap kerja keras dan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator kerja keras: 1) adanya upaya dengan gigih untuk berkompetisi yang sehat sebelum tindakan 5,7% setelah dilakukan tindakan 25,7%, 2) tidak putus asa dalam menghadapi masalah sebelum tindakan 11,4% setelah dilakukan tindakan menjadi 22,8%, 3) menyelesaikan semua tugas yang diberikan sebelum tindakan 17% setelah dilakukan tindakan menjadi 42,8%. Selain itu, kemandirian siswa dapat dilihat dari indikator: 1) tidak mengharapkan bantuan saat ulangan sebelum tindakan 8,5% setelah dilakukan tindakan menjadi 17%, 2) menyelesaiakan tugas secara mandiri sebelum tindakan 5,7% setelah dilakukan tindakan menjadi 22,8%, 3) adanya motifasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri dengan mempresentasikan hasil tugas sebelum tindakan 5,7% setelah dilakukan tindakan menjadi 20%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan sikap kerja keras dan kemandirian siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kunci:kemandirian; kerja keras; strategi pembelajaran Talking Stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2014 08:13
Last Modified: 15 Apr 2014 08:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28659

Actions (login required)

View Item View Item