Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Analisis Terhadap Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Dasar Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS Tahun 2013)

Santoso, Kurniawan Budi and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Analisis Terhadap Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Dasar Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (251kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4_BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
5_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
6_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] PDF (Bab V)
8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2_NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika yang meliputi persepsi mahasiswa tentang nilai-nilai karakter dan pembelajaran matematika, persepsi mahasiswa tentang implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika, serta perilaku mahasiswa sebagai indikator pencapaian tujuan implementasi nilai-nilai karakter. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek dan objek penelitian terdiri dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data ditentukan dengan triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mahasiswa sudah memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai peran pendidikan dan pembelajaran dalam menumbuh-kembangkan nilai-nilai karakter, namun mahasiswa belum dapat memaparkan secara mendetail peran pembelajaran matematika dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter tersebut. (2) Mahasiswa belum memahami pedoman pembelajaran yang digunakan dosen terkait implementasi nilai-nilai karakter, namun mahasiswa sudah mengalami perubahan karakter dan perilaku ke arah yang lebih baik setelah mengikuti pembelajaran matematika, sekaligus mahasiswa sudah dapat mengimplementasikan nilai-nilai karakter hasil pembelajaran matematika tersebut dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (3) Perubahan karakter dan perilaku mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran matematika, yakni mahasiswa semakin jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat dan komunikatif, serta tanggungjawab.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswai, Implementasi Nilai-nilai Karakter, Kata Kunci: Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Apr 2014 09:50
Last Modified: 19 Oct 2021 12:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28648

Actions (login required)

View Item View Item