Penerapan Strategi Jigsaw Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2013/2014)

Masfuah, Yuli Siti and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Penerapan Strategi Jigsaw Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (849kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_KOMPLIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika melalui penerapan strategi Jigsaw berbasis Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Teras yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan 56,25% dan setelah tindakan 100%, 2) kemampuan merencanakan pemecahan masalah sebelum tindakan 50% dan setelah tindakan 93,5%, 3) kemampuan melaksanakan pemecahan masalah sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 90,32% , 4) kemampuan melakukan pengecekan sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 90,32%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi jigsaw berbasis Problem-based Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Problem Solving, kemampuan memecahkan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Apr 2014 09:41
Last Modified: 19 Oct 2021 12:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28647

Actions (login required)

View Item View Item