Pengaruh Permainan Kasti Tradisional Dan Modifikasi Terhadap Peningkatan Kelincahan Anak Usia 8-9 Tahun Di SDN Pabelan 03 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo

Baiti, Intan Fitri Nur and , Hadi Miharjanto, S . S t. F t ., S.Pd., M.Or and , Isnaini Herawati, SSt. FT, M. Sc (2014) Pengaruh Permainan Kasti Tradisional Dan Modifikasi Terhadap Peningkatan Kelincahan Anak Usia 8-9 Tahun Di SDN Pabelan 03 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (708kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._naskah_publikasi.pdf

Download (511kB)

Abstract

Dewasa ini, permainan kasti kurang diminati masyarakat terutama remaja dan anak-anak, meraka lebih tertarik dengan permainan modern seperti play station sehingga membuat anak malas untuk bergerak yang dapat berpengaruh terhadap kelincahan. Kasti tradisional merupakan permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu. Sedangkan kasti modifikasi merupakan pengembangan kasti tradisional yang divariasi dengan latihan plyometric berupa diagonal cone hops dan cone hops with change of direction sprint. Kedua kasti ini sama-sama mengandung komponen kecepatan, koordinasi, kekuatan, kelentukan, waktu reaksi dan power yang bermanfaat untuk meningkatkan kelincahan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh permainan kasti tradisional dan modifikasi terhadap peningkatan kelincahan anak usia 8-9 tahun di SDN Pabelan 03, serta mengetahui beda pengaruh permainan kasti tradisional dan modifikasi terhadap peningkatan kelincahan anak usia 8-9 tahun di SDN Pabelan 03. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental semu dengan rancangan two groups pre-test and post-test design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subyek berjumlah 30 orang, kemudian subyek dibagi menjadi 2 kelompok menggunakan metode MSOP. Keduanya diberikan perlakuan 3 kali seminggu selama 1 bulan dengan durasi 40 menit. Teknik analisis data menggunakan T-test dengan tingkat kepercayaan 95 %. Hasil penelitian pada uji hipotesis 1, menunjukkan nilai p = 0,003 (p < 0,05) yang artinya ada pengaruh bermakna permainan kasti tradisional terhadap peningkatan kelincahan anak usia 8-9 tahun. Uji hipotesis 2, menunjukkan nilai p = 0,001 (p < 0,05) yang artinya ada pengaruh bermakna permainan kasti modifikasi terhadap peningkatan kelincahan anak usia 8-9 tahun. Uji hipotesis 3, menunjukkan nilai p = 0,640 (p > 0,05) yang artinya tidak ada perbedaan pengaruh bermakna antara permainan kasti tradisional dan modifikasi terhadap peningkatan kelincahan anak usia 8-9 tahun di SDN Pabelan 03. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kedua perlakuan sama-sama memberikan pengaruh teradap peningkatan kelincahan anak usia 8-9 tahun dan tidak ada perbedaan pengaruh yang bermakna antara kedua perlakuan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kasti Tradisional, Kasti Modifikasi, Kelincahan
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2014 07:30
Last Modified: 16 May 2016 11:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28625

Actions (login required)

View Item View Item