Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Bermain Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler (1-3 Tahun) Di Posyandu Desa Suruhkalang Karanganyar

Pratiwi, Ayuk Dhian and , Irdawati, S. Kep, Ns., MSi., Med and , Faizah Betty Rahayuningsih, A., S. Kep., M. Kes (2014) Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Bermain Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler (1-3 Tahun) Di Posyandu Desa Suruhkalang Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (439kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (557kB)

Abstract

Motorik kasar dipengaruhi oleh kematangan anak sebagai awal dari kecerdasan dan emosi sosial anak khususnya anak toddler. Banyaknya negara yang mengalami masalah perkembangan seperti keterlambatan motorik akan menyebabkan menurunnya kreatifitas anak dalam beradaptasi serta kurangnya pemahaman orang tua tentang bermain. Faktor pengetahuan orang tua tentang bermain dapat mempengaruhi perkembangan motorik anak, terutama motorik kasar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang bermain dengan perkembangan motorik kasar pada anak toddler di posyandu desa Suruhkalang Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia toddler (1-3 tahun) di posyandu desa Suruhkalang berjumlah 216 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan 68 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan tentang bermain dan penilaian perkembangan motorik kasar menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Alat analisis menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian pengetahuan ibu tentang bermain diketahui 22,1% (15 ibu) dengan pengetahuan tinggi dan 77,9% (53 ibu) dengan pengetahuan rendah. Berdasarkan penilaian KPSP diketahui 80% (12 anak toddler) perkembangan motorik kasar sesuai, 20% (3 anak toddler) perkembangan motorik kasar kurang sesuai. 58,8% (31 anak toddler) perkembangan motorik kasar sesuai, dan 41,5% (22 anak toddler) perkembangan motorik kasar kurang sesuai. Hasil analisis bivariat diketahui nilai OR= 2,839 dan nilai p-value = 0,222, dimana p-value > 0,05. Sehingga hasil analisis tersebut disimpulkan tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu tentang bermain dengan perkembangan motorik kasar pada anak toddler di posyandu desa Suruhkalang Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motorik kasar, anak toddler, pengetahuan, bermain
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2014 06:09
Last Modified: 25 May 2016 11:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28619

Actions (login required)

View Item View Item