Hubungan Antara Pengaruh Keluarga, Pengaruh Teman Dan Pengaruh Iklan Terhadap Perilaku Merokok Pada Remaja Di SMP N 1 Slogohimo, Wonogiri

Kustanti, Astri Ayuk and , Arina Maliya, S. Kep. MSi. Med. and , Dian Hudiawati, S.Kep., Ns. (2014) Hubungan Antara Pengaruh Keluarga, Pengaruh Teman Dan Pengaruh Iklan Terhadap Perilaku Merokok Pada Remaja Di SMP N 1 Slogohimo, Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (291kB)

Abstract

Kebiasaan remaja yang sulit dihindari ialah merokok, hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain pengaruh keluarga, teman sebaya dan iklan. Jika orang tua atau salah satu anggota keluarga yang merokok, maka sangat memungkinkan diikuti remaja untuk merokok. Teman sebaya juga sangat mempengaruhi dalam perilaku merokok remaja. Selain itu, tayangan media yang menayangkan tokoh idola remaja yang mengisap rokok akan mendorong remaja untuk mengikutinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengaruh keluarga, pengaruh teman dan pengaruh iklan dengan perilaku merokok pada remaja di SMP N 1 Slogohimo, Wonogiri. Design yang digunakan deskripstif kuantitatif dengan rancangan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra SMP N 1 Slogohimo, sedangkan sampel diambil sebanyak 71 siswa dengan kriteria inklusi siswa remaja putra yang merokok, sampel diambil dari masing-masing kelas sebanyak 4 siswa setiap kelas. Teknik sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji Chi-Square (c2). Hasil analisis uji Chi-Square (c2) antara pengaruh keluarga dengan perilaku merokok adalah terdapat hubungan pengaruh keluarga dengan perilaku merokok pada remaja di SMP Negeri 1 Slogohimo Wonogiri (X2 hit = 8,898; p = 0,003); hasil analisis Chi-Square (c2) antara pengaruh teman dengan perilaku merokok adalah terdapat hubungan pengaruh teman dengan perilaku merokok pada remaja di SMP Negeri 1 Slogohimo Wonogiri (X2 hit = 6,222; p = 0,013); hasil analisis Chi-Square (c2) anatar hubungan pengaruh iklan dengan perilaku merokok adalah terdapat hubungan signifi9kan pengaruh iklan dengan perilaku merokok pada remaja di SMP Negeri 1 Slogohimo Wonogiri (X2 hit = 5,117; p = 0,024). Saran untuk peneliti selanjutnya adalah peneliti bisa melakukan penelitian yang sejenis dengan pengaruh perilaku merokok yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh keluarga, teman, iklan, perilaku merokok
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2014 05:37
Last Modified: 27 May 2016 08:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28616

Actions (login required)

View Item View Item