PENGARUH STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA MAJALAH SAUDAGAR

HENGGAR C , TAUFIQ (2008) PENGARUH STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA MAJALAH SAUDAGAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040100.pdf

Download (155kB)
[img] PDF
B100040100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengembangan produk majalah saudagar yang terdiri dari startegi pengurangan biaya dan strategi entrepreneur tekonologi terhadap niat konsumen untuk membeli majalah Saudagar; dan mengetahui faktor mana yang lebih dominan mempengaruhi niat konsumen membaca majalah Saudagar. Sehingga dari hasil penelitian dapat dipakai sebagai bahan masukan bagi perusahaan majalah Saudagar sehingga dapat meningkatkan niat konsumen untuk membeli majalah Saudagar di masa yang akan datang. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan majalah Saudagar di Kota Surakarta.. Adapun sampel dari penelitian ini adalah 50 pelanggan majalah Saudagar di Kota Surakarta dengan Convinience Sampling sebagai teknik pengambilannya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui strategi pengurangan biaya (X1) diperoleh nilai thitung = 3,848 > 2,012; sehingga strategi pengurangan biaya berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen. Strategi entrepreneur teknologi (X2) diperoleh nilai thitung = 4,713 > 2,012; sehingga strategi entrepreneur teknologi berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung= 26,188 > 3,23; sehingga strategi pengurangan biaya dan strategi entrepreneur teknologi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian konsumen. Besar koefisien determinasi (R2) adalah 0,527; berarti bahwa peningkatan maupun penurunan pada niat beli konsumen 52,7% dapat dijelaskan oleh strategi pengurangan biaya dan strategi entrepreneur teknologi, sedangkan sisanya sebesar 47,3% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa strategi entrepreneur teknologi mempunyai nilai koefieisen beta lebih besar dibandingkan dengan variabel strategi pengurangan biaya yaitu sebesar 0,795. Hal ini menunjukkan bahwa strategi entrepreneur teknologi lebih dominan berpengaruh terhadap niat beli konsumen dibandingkan dengan strategi pengurangan biaya. Hasil pengujian asumsi klasik diketahui bahwa data berdistribusi normal, tidak terdapat masalah multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Sehingga model regresi mempunyai sifat BLUE (Best, Linier, Unbiased dan Estimate)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pengurangan biaya, strategi entrepreneur teknologi, niat beli
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Jun 2009 06:21
Last Modified: 16 Nov 2010 19:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item