Aspek Motivasi Dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA

Nuranisah, Siti and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum. (2014) Aspek Motivasi Dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan aspek psikologis Ahmad Fuadi sebagai pengarang novel Rantau 1 Muara, (2) mendeskripsikan analisis struktural novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi, (3) mendeskripsikan analisis aspek motivasi dalam novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi, dan (4) mendeskripsikan implementasi aspek motivasi dalam novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi dalam pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian kasus terpancang. Objek penelitian ini adalah aspek motivasi dalam novel Rantau 1 Muara dengan tinjauan psikologi sastra. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah wacana dari internet mengenai novel dan buku-buku yang menunjang penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan dan simak catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode pembacaan model semiotik yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis aspek psikologis pengarang Rantau 1 Muara bahwa Ahmad Fuadi merupakan pengarang yang terus berusaha untuk meraih prestasi di tengah keterbatasan dan perjalanan hidupnya dikisahkan dalam trilogi novel Negeri 5 Menara, yang terdiri dari Negeri 5 Menara, Ranah 3 Warna, dan Rantau 1 Muara. Analisis struktural novel Rantau 1 Muara diperoleh tema novel adalah man saara ‘ala darbi washala yang artinya siapa yang berjalan di atasnya akan sampai tujuan. tokoh-tokoh dalam novel yaitu, Alif, Randai, Dinara, Uda Ramon, Pasus, Mas Aji, Mas Malaka, dan Mas Garuda. Tokoh utama dalam novel adalah Alif. Alur yang digunakan dalam novel adalah alur maju. Latar waktu dalam novel berlangsung pada tahun 1998-2003, sedangkan latar tempatnya berada di Bandung, Jakarta, Washington DC, dan London. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, aspek motivasi dalam novel Rantau 1 Muara mencakup (1) Need for Achievement (motivasi untuk berprestasi)¸(2) Need for Affiliation (motivasi untuk berhubungan dengan sesama), dan (3) Need for Power (motivasi untuk bersaing). Aspek motivasi dalam novel tersebut dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, novel Rantau 1 Muara, psikologi sastra, implementasi dalam pembelajaran sastra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Apr 2014 06:58
Last Modified: 19 Oct 2021 10:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28578

Actions (login required)

View Item View Item