Aspek Dan Pola Motivasi Dalam Novel Mahamimpi Anak Negeri Karya Suyatna Pamungkas: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia Di SMA

Ayuningtyas, Dian and , Dr. Nafron Hasjim (2014) Aspek Dan Pola Motivasi Dalam Novel Mahamimpi Anak Negeri Karya Suyatna Pamungkas: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (615kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (916kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel MAN karya Suyatna Pamungkas, (2) mendeskripsikan aspek dan pola motivasi yang terkandung dalam novel MAN karya Suyatna Pamungkas, (3) memaparkan implementasi hasil penelitian novel MAN karya Suyatna Pamungkas di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah aspek dan pola motivasi dalam novel MAN karya Suyatna Pamungkas tinjauan psikologi sastra. Data yang diteliti dalam penelitian berupa paragraph, kalimat, dan kata yang berhubungan dengan struktur dan aspek serta pola motivasi yang terkandung dalam novel Mahamimpi Anak Negeri. Sumber data primer dalam penelitian adalah novel Mahamimpi Anak Negeri. Sumber data sekunder dalam penelitian berupa skripsi, biografi pengarang, dan internet.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Validitas data menggunakan trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktural, tema dalam novel MAN karya Suyatna Pamungkas tentang perjuangan dalam meraih kesuksessan. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju. Tokoh-tokoh yang dianalisis adalah Elang, Tegar, Darwin, dan Waris. Latar pada novel dibagi menjadi tiga bagian yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. Hasil penelitian ditemukan adanya aspek dan pola motivasi dalam novel MAN Suyatna Pamungkas. Aspek motivasi dalam novel dibagi menjadi dua yaitu aspek aktif (dinamis) dan aspek pasif (statis). Pola motivasi yang dominan pada novel ialah (a) achievement motivation (motivasi menghadapi tantangan) , (b) affiliant motivation (motivasi untuk bersosialisasi), (c) competence motivation (motivasi berprestasi) dan (d) power motivation (motivasi mengambil resiko). Implementasi aspek dan pola motivasi pada novel Mahamimpi Anak Negeri sebagai bahan ajar sastra di SMA sesuai dan relevan untuk dijadikan bahan materi pembelajaran sastra. Struktur novel diimplementasikan pada siswa untuk menemukan tema, fakta cerita serta sarana cerita. Makna pada novel diimplementasikan untuk menemukan aspek dan pola motivasi yang terdapat dalam novel tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel Mahamimpi Anak Negeri, aspek motivasi, pola motivasi, implementasi pembelajaran sastra Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Apr 2014 06:48
Last Modified: 19 Oct 2021 10:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28577

Actions (login required)

View Item View Item