Mengembangkan Jiwa Kemandirian Dan Kewirausahaan Melalui Gerakan Pramuka (Studi Kasus di Racana Raden Mas Said dan Nyi Ageng Serang Institut Agama Islam Negeri Surakarta Tahun 2013/2014)

Hadi, Adi Marta (2014) Mengembangkan Jiwa Kemandirian Dan Kewirausahaan Melalui Gerakan Pramuka (Studi Kasus di Racana Raden Mas Said dan Nyi Ageng Serang Institut Agama Islam Negeri Surakarta Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil umum Racana, pelaksanaan, kendala-kendala, dan solusi dalam mengembangkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan di Racana. Penelitian ini di Racana Raden Mas Said dan Nyi Ageng Serang IAIN Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara deskriftif kualitatif. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data pedoman wawancara tidak terstruktur, pedoman observasi dan telaah dokumentasi. Untuk menguji keabsahan datanya dengan cara triangulasi, khususnya triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Sedangkan untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Racana adalah sebuah wadah atau tempat pembelajaran serta pembinaan dalam bidang kepramukaan tingkat pandega, 2. pelaksanaan pengembangan jiwa kemandirian dan kewirausahaan melalui gerakan pramuka dengan berbagai kegiatan seperti rapat, perkemahan, pengembaraan, kerekaan serta stand atau kedai, 3. kendala yang dihadapi dalam pengembangan jiwa kemandirian adalah kesiapan mental dan kesadaran diri dari semua anggota sedangkan kendala dalam pengembangan kewirausahaan adalah tidak adanya minat dan keberanian berwirausaha kurang, 4. solusi untuk mengatasi kendala dalam mengembangkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan adalah memberikan motivasi kepada anggota, memberikan pelatihan secara intensif, diberikan masukan-masukan positif serta diberikan sebuah amanah untuk mengelola stand atau kedai. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan jiwa kemandirian dan kewirausahaan di Racana Raden Mas Said dan Nyi Ageng Serang IAIN Surakarta berjalan dengan baik, namun perlu diberikan pelatihan secara intensif dan kesiapan mental.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Kewirausahaan, Kendala
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Apr 2014 07:56
Last Modified: 07 Apr 2014 07:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28561

Actions (login required)

View Item View Item