Sikap Profesionalisme Dan Kinerja Akademik Guru Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SLTA Muhammadiyah Karanganyar

Gantiningrum, Nuryani and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, M.Hum. (2014) Sikap Profesionalisme Dan Kinerja Akademik Guru Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SLTA Muhammadiyah Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (392kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (553kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Untuk mendiskripsikan indikasi sikap profesionalisme guru Pendidikan Kewarga-negaran di SLTA Muhammadiyah Karanganyar; (2) Untuk mendiskripsikan kinerja akademik guru Pendidikan Kewarganegaraan di SLTA Muhammadiyah Karanganyar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah guru PKn SLTA Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar yang terdiri dari 9 subyek penelitian dari 3 sekolah yakni SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar dan SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Sikap profesional guru PKn di ketiga sekolah melalui jawaban 9 responden sebanyak 5 responden menjawab positif atau menunjukkan profesional yang tinggi, sedangkan 3 responden atau 33% menyatakan jawaban kadang-kadang atau sikap profesional yang sedang, adapun 1 responden atau 11 % memiliki jawaban yang tidak pernah atau rendah; (2) Kinerja akademik ke sembilan responden menyatakan jawaban 6 responden atau 67% menjawab ya, sedangkan 2 responden atau 22% menyatakan jawaban yang dalam kategori indikasi sedang dan 1 responden atau 11% menyatakan kurang atau rendah dalam kinerja akademik. Jadi dari hasil temuan menunjukkan bahwa sikap profesional dan kinerja akademik guru PKn di SLTA Muhammadiyah Karanganyar cenderung meningkat. Hal ini dilihat dari meningkatnya kompetensi dasar guru dan kinrja akademik melalui indikasi memiliki relevansi dari kualifikasi pendidikan dan komitmen untuk meningkatkan profesi dan perubahan menuju pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap profesionalisme, kinerja akademik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Apr 2014 08:56
Last Modified: 18 Oct 2021 22:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28552

Actions (login required)

View Item View Item