Konstruksi Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika Perspektif PKn (Studi Semiotik pada Film “?” Tanda Tanya)

Nasikhin, Muhammad (2014) Konstruksi Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika Perspektif PKn (Studi Semiotik pada Film “?” Tanda Tanya). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (534kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana adegan-adegan digunakan sebagai sarana penggambaran semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam film Tanda Tanya dan untuk mengetahui pesan yang ingin disampaikan kepada penontonnya. Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif dengan metode analisa semiotika. Metode semiotika, yaitu suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda. Data dalam penelitian ini didapat melalui pemilihan Scenes pada film “Tanda Tanya” yang didalamnya terdapat unsur-unsur berkaitan dengan penelitian ini yakni konstruksi pendidikan Bhinneka Tunggal Ika. Serta mencari data dari berbagai tulisan artikel, buku-buku, internet dan lain sebagainya. Data yang diperoleh, peneliti melakukan analisis dengan melihat tanda-tanda yang terdapat dalam film “Tanda Tanya”, dengan teori semiotika. Analisis dilakukan melalui dua tahap, yaitu signifikasi tingkat pertama, yaitu makna denotasi yang terkandung dalam Scenes tersebut dan dilanjutkan dengan signifikasi tingkat kedua yang menguraikan makna konotasinya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan Scene di dalam film Tanda Tanya memunculkan sikap maupun tindakan mencerminkan pendidikan Bhinneka Tunggal Ika. Konstruksi pendidikan Bhinneka Tunggal Ika ini terlihat muncul dalam cuplikan adegan dalam tiap Scene film itu sendiri. Kesimpulan dari penelitian ini tampak dengan sangat jelas film ini mempresentasikan sikap Bhinneka Tunggal Ika. Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika yang terkandung dalam film Tanda Tanya sifatnya lebih sebagai alat untuk mengemukakan pendapat ataupun pemikiran, idealisme seseorang Hanung Bramantyo terhadap keanekaragaman bangsa indonesia. Guna menarik simpati dan mempengaruhi setiap individu yang menontonnya untuk membangun kesadaran pentingnya persatuan dan kesatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konstruksi pendidikan, Bhinneka Tunggal Ika, Semiotik. Film
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Apr 2014 08:33
Last Modified: 05 Apr 2014 08:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28550

Actions (login required)

View Item View Item