Implementasi Dasadarma Gerakan Pramuka Nomor 9 Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VII A Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Prasetyo, Anggi Nur (2014) Implementasi Dasadarma Gerakan Pramuka Nomor 9 Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VII A Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (433kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Dasadarma gerakan Pramuka dalam membentuk karakter tanggung jawab pada siswa kelas VII A di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sambi kabupaten Boyolali thaun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini untuk mengetahui tentang, 1) Pelaksanaan karakter tanggung jawab, 2) Implementasi Dasadarma Gerakan Pramuka nomor 9 bertanggung jawab dan dapat dipercaya, 3) Kendala-kendala yang dihadapi dari implementasi Dasadarma Gerakan Pramuka nomor 9 bertanggung jawab dan dapat dipercaya dalam membentuk karakter tanggung jawab, 4) Upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dari implementasi Dasadarma Gerakan Pramuka nomor 9 bertanggung jawab dan dapat dipercaya dalam membentuk karakter tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data diperoleh dari informan atau narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat mendeskripsikan, 1) Pelaksanaan karakter tanggung jawab meningkat, dengan belajar mencintai alam melalui kegiatan pertendaan, ketekukan dengan tali temali, bekerja dengan etos kerja tinggi melalui jelajah alam, belajar mengontrol diri dari membuat peta lapangan, 2) Implementasi Dasadarma Nomor 9 bertanggung jawab dan dapat dipercaya dalam membentuk karakter tanggungg jawab bisa terwujud karena dalam setiap ekstrakulikuler siswa diwajibkan hafal dan mengamalkan Dasadarma Pramuka, 3) Kendala-kendala yang dihadapi dari implementasi Dasadarma Gerakan Pramuka nomor 9 adalah kurangnya pemahaman mengenai manfaat mengamalkan Dasadarma, kurangnya antusias siswa mengikuti ekstrakulikular Pramuka, orang tua siswa menganggap pendidikan formal jauh lebih penting dibandingkan dengan pendidikan non formal, 4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendalakendala dengan memberikan pemahaman gerakan Pramuka, meningkatkan potensi siswa melalui keterampilan dan pengembangan kepribadian, memberikan inovasi dalam kegiatan Kepramukaan, serta menunjukan prestasi dan manfaat kegiatan kepada masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Pramuka, Dasadarma, karakter tanggung jawab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Apr 2014 08:02
Last Modified: 05 Apr 2014 08:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28547

Actions (login required)

View Item View Item