Penanaman Pendidikan Karakter Religius Pada Siswa Pondok Pesantren Studi Kasus di Pondok Pesantren Hasan Nur Iman Dusun Bendungan Desa Jendi Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri

Kadarwati, Inna and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si. (2014) Penanaman Pendidikan Karakter Religius Pada Siswa Pondok Pesantren Studi Kasus di Pondok Pesantren Hasan Nur Iman Dusun Bendungan Desa Jendi Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana latar belakang berdirinya pondok pesantren, pelaksanaan pembelajaran, pembiasaan, dan mengetahui apakah kendala yang dialami serta bagaimana solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam menanamkan pendidikan karakter religius di Pondok Pesantren Hasan Nur Iman Dusun Bendungan Desa Jendi Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian sosial yang bersifat nyata. Data penelitian diperoleh dari informan yaitu pengurus pondok pesantren, ustadz, beberapa siswa, dan beberapa tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas data penelitian menggunakan data triangulasi. Selanjutnya analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Hasan Nur Iman adalah adanya sebidang tanah pekarangan warisan orang tua seluas 1.750 m² yang diwakafkan untuk kemajuan agama Islam yaitu untuk membangun pondok pesantren; 2) Pelaksanaan pembelajaran untuk menanamkan karakter religius dengan menggunakan materi, metode, dan pendekatan dalam proses pembelajaran; 3) Pelaksanaan pembiasaan dilakukan dengan membaca Surat Al-Fatihah sebelum pembelajaran dan doa penutup majelis setelah pembelajaran, selain itu siswa harus mampu menghafalkan surat-surat pendek dan doa-doa dalam kehidupan sehari-hari; 4) Kendala dalam menanamkan karakter religius di Pondok Pesantren Hasan Nur Iman ada dua yaitu kendala yang berasal dari pondok pesantren itu sendiri dan kendala yang dihadapi para ustadz dalam menanamkan karakter religius pada diri siswa; 5) Solusi yang dilakukan yaitu dengan menjaring antusiasme siswa, selain itu para ustadz menasehati para orang tua melalui pengajian yang digelar rutin setiap minggunya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, religius, siswa, dan pondok pesantren.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Apr 2014 07:06
Last Modified: 18 Oct 2021 21:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28542

Actions (login required)

View Item View Item