Nilai Karakter Kerja Keras Dan Tanggung Jawab Pada Film “Tampan Tailor” (Analisis Isi Film sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

Emi, Emi and , Drs. Achmad Muhibbin, M.Si.. (2014) Nilai Karakter Kerja Keras Dan Tanggung Jawab Pada Film “Tampan Tailor” (Analisis Isi Film sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan muatan nilai karakter kerja keras dan tanggung jawab pada film Tampan Tailor. Tujuan berfungsi sebagai acuan terhadap masalah yang akan diteliti. Pencarian data menjadi lebih terarah dengan adanya tujuan penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus. Objek penelitian ini adalah nilai karakter kerja keras dan tanggung jawab pada film Tampan Tailor. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Indikator kerja keras dalam penelitian ini adalah (1) mampu mengelola waktu yang dimiliki, (2) mampu mengorganisasi sumber daya yang ada, (3) tidak pernah menyerah, dan (4) bekerja dengan sungguh-sungguh. Indikator tanggung jawab dalam penelitian ini meliputi (1) melakukan tugas dengan sepenuh hati, (2) menjalankan segala yang menjadi tanggung jawab dan tugasnya, (3) peduli terhadap diri sendiri dan orang lain, (4) bertangggung jawab, dan (5) memenuhi kewajiban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk media pembelajaran. Nilai karakter kerja keras dan tanggung jawab yang terdapat pada film Tampan Tailor dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di era reformasi memuat aspek nation and character building, cinta tanah air, rela berkorban dan bela negara, sistem pemerintahan negara yang good governance. Mampu mengelola waktu merupakan usaha untuk mengelola atau membagi waktu secara efektif. Mampu mengorganisasi sumber daya yang ada adalah usaha untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan kerja keras. Tidak pernah menyerah adalah usaha untuk tetap berjuang sampai menemukan apa yang diharapkan. Bekerja dengan sungguhsungguh adalah bekerja dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Melakukan tugas dengan sepenuh hati merupakan usaha agar tanggung jawab bisa dilaksanakan dengan baik. Peduli merupakan suatu sikap seseorang untuk melibatkan diri pada suatu keadaan. Bertanggung jawab adalah suatu sikap seseorang untuk melaksanakan kewajibannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kerja keras, tanggung jawab, film Tampan Tailor, analisis isi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Apr 2014 06:59
Last Modified: 18 Oct 2021 21:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28541

Actions (login required)

View Item View Item