Rekonstruksi Karakter Kerja Keras Pada Sinetron Gadjah Mada Untuk Mendukung Tercapainya Tujuan Pembelajaran PPKn (Analisis Isi Pada Episode 123-127)

Noviasari, Yeni (2014) Rekonstruksi Karakter Kerja Keras Pada Sinetron Gadjah Mada Untuk Mendukung Tercapainya Tujuan Pembelajaran PPKn (Analisis Isi Pada Episode 123-127). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan isi cerita pada sinetron Gadjah Mada pada episode 123-127, 2) untuk mendeskripsikan gambaran karakter kerja keras pada sinetron Gadjah Mada pada episode 123-127, dan 3) untuk mendeskripsikan nilai-nilai kerja keras pada sinetron Gadjah Mada pada episode 123-127 yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran PPKn. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek utama adalah pemain dalam sinetron Gadjah Mada. Objek utama adalah karakter kerja keras yang ada dalam diri Gadjah Mada. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, studi pustaka dan observasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Sinetron Gadjah Mada pada epsiode 123-127 menceritakan tentang usaha Gadjah Mada dalam mencari dan merebut obat penawar untuk ibundanya yang terkena racun ular kiriman Nyi Klowi. Isi cerita pada episode 123-127 sarat akan nilai-nilai perjuangan yang pantas untuk diteladani terutama karakter kerja keras yang dimiliki Gadjah Mada. Sinetron Gadjah Mada episode 123-127 memuat pesan moral tentang pentingnya memiliki karakter kerja keras. 2) gambaran karakter kerja keras pada sinetron Gadjah Mada episode 123-127 adalah sebagai berikut: memiliki sikap pantang menyerah, adanya target dalam hidup, bertekun dalam usaha, dan bersyukur. Tanpa kerja keras, mustahil Gadjah Mada mampu mendapatkan obat penawar racun untuk ibundanya. 3) Pendidikan karakter kerja keras termuat dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VII Kurikulum 2013 pada kompetensi dasar Menumbuhkan Kesadaran dan Keterikatan pada Norma. Pada pembahasan kompetensi tersebut mengajarkan tentang nilai-nilai usaha kerja keras yang diteladani oleh pelajar dapat dilakukan dengan cara, yaitu: 1) Mengerjakan semua tugas kelas selesai dengan baik pada waktu yang telah ditentukan, 2) Tidak putus asa dalam menghadapi kesulitan dalam pelajaran, dan 3) Tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rekonstruksi, karakter kerja keras, sinetron gadjah mada.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Apr 2014 06:52
Last Modified: 05 Apr 2014 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28540

Actions (login required)

View Item View Item