Tinjauan Yuridis Empiris Pertimbangan Hakim Dalam Putusan Pidana Pemerkosaan Terhadap Anak (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Boyolali Dan Sukoharjo)

Septiawan, Agung and , Natangsa Surbakti S.H, M.Hum and , Bambang Sukoco S.H (2014) Tinjauan Yuridis Empiris Pertimbangan Hakim Dalam Putusan Pidana Pemerkosaan Terhadap Anak (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Boyolali Dan Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._Bab_1.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
05._Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
06._Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pertimbangan hakim dalam memutus tindak pidana perkosaan terhadap anak; 2) Pertimbangan untuk kepentingan umum yang digunakan hakim dalam memutus pidana pemerkosaan terhadap anak; 3) Perbandingan terhadap pertimbangan yang digunakan hakim dalam memutus tindak pidana perkosaan terhadap anak di Pengadilan Negeri Boyolali dan Pengadilan Negeri Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah yuridis empiris. Dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Pertimbangan yang digunakan hakim putusan tindak pidana pemerkosaan pada anak didasari oleh pertimbangan hukum, pertimbangan fakta persidangan, dan pertimbangan sosiologis; 2) Pertimbangan hakim terkait dengan kepentingan umum terdapat pada pertimbangan sosiologis. Pertimbangan hal-hal yang memberatkan perkosaan merupakan perbuatan yang meresahkan masyarakat, mengakibatkan penderitaan korban secara fisik, psikologis, dan mengancam masa depan korban. Pertimbangan yang meringankan: terdakwa sopan, menyesal, sudah meminta maaf pada keluarga korban, belum pernah dihukum, mempunyai tanggungan keluarga; 3) Terdapat perbedaan dalam putusan ke dua Pengadilan tersebut yaitu terlihat pada pertimbangan sosiologis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perkosaan terhadap anak, putusan pidana, pertimbangan hakim
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 04 Apr 2014 12:19
Last Modified: 20 Oct 2021 01:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28536

Actions (login required)

View Item View Item