Pendidikan Karakter Disiplin Dan Kejujuran Anak Pada Keluarga Polisi (Studi Kasus di Aspolres Sragen Mageru RT 03/RW II Sragen Tengah Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun 2013)

Sumarsih, Sumarsih (2014) Pendidikan Karakter Disiplin Dan Kejujuran Anak Pada Keluarga Polisi (Studi Kasus di Aspolres Sragen Mageru RT 03/RW II Sragen Tengah Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu 1) Untuk mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter disiplin dan kejujuran anak pada keluarga polisi di Aspolres Sragen Mageru RT 03/RW II Sragen Tengah Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen, 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman pendidikan karakter disiplin dan kejujuran anak pada keluarga polisi di Aspolres Sragen Mageru RT 03/RW II Sragen Tengah Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif interaktif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen atau arsip. Validitas data menggunakan trianggulasi pengumpulan data, dan trianggulasi sumber data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) penanaman pendidikan karakter disiplin anak pada keluarga polisi di Aspolres Sragen yaitu orang tua sudah menanamkan pada anak sejak dari usia dini untuk dilatih disiplin dan sebagian besar pelaksanaanya sudah berjalan dengan baik walaupun belum mencapai hasil yang maksimal, (2) penamanan pendidikan karakter kejujuran pada anak di Aspolres Sragen yaitu untuk selalu jujur dan bertanggung jawab, (3) faktor pendukung penanaman pendidikan karakter disiplin anak pada keluarga polisi di Aspolres Sragen yaitu orang tua memberikan contoh yang baik pada anak, aturan-aturan yang ada di rumah, orang tua memberikan motivasi anak untuk mengembangkan cita-cita yang diharapkan. Faktor penghambat disiplin yaitu anak terfokus dengan adanya kemajuan teknologi, terpengaruh dari kenakalan remaja atau teman, situasi dan kondisi anak serta orang tua (4) faktor pendukung penanaman pendidikan karakter kejujuran yaitu iman yang kuat dalam anak dan orang tua, anak takut dengan dosa, faktor penghambat yaitu takut dimarahi orang tua, terpaksa harus jujur, tergantung situsional, kurang percaya diri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Disiplin, Kejujuran, Anak, Keluarga Polisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Apr 2014 08:04
Last Modified: 04 Apr 2014 08:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28531

Actions (login required)

View Item View Item