Proses Penetapan Calon Legislatif (Caleg) Partai Politik Untuk Pemilihan Umum 2014 (Studi Kasus: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Cabang Kota Surakarta)

Adityarozi, Soffi and , Drs. Achmad Muthali’in, M,Si. (2014) Proses Penetapan Calon Legislatif (Caleg) Partai Politik Untuk Pemilihan Umum 2014 (Studi Kasus: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Cabang Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses penetapan calon legislatif (caleg) partai politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) cabang Kota Surakarta untuk pemilihan umum 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena analisis datanya berupa kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku yang diamati serta mempertimbangkan asumsi dari pendapat orang lain sebagai narasumber. Sumber data dalam penelitian ini meliputi narasumber, tempat atau peristiwa, dan arsip atau dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan teknik dokumen. Untuk menguji keabsahan data, menggunakan trianggulasi sumber dan teknik pengumpulan data, untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini mendiskripsikan tentang proses penetapan caleg yang dilakukan oleh DPC PDI-P Kota Surakarta sudah melalui proses yang demokratis dengan memberikan kesempatan kepada semua anggota partai untuk mencalonkan diri sebagai caleg. DPC PDI-P Kota Surakarta melakukan tiga tahap pencalegan, yaitu penjaringan, penyaringan, dan penetapan. Penjaringan merupakan tahap awal di mana nama-nama muncul sebagai kandidat. Penyaringan merupakan tahap kedua bagi caleg yang lolos tahap penjaringan. Penyaringan dilakukan dengan memperhatikan tes psikologi, tes bebas narkoba dan psikotropika, penilaian berdasarkan bobot skoring, hasil penugasan partai, serta pengabdian di partai dan masyarakat. Dari hasil kelima aspek tersebut, dijadikan sebagai pedoman dalam pemberian nomor urut bagi caleg. Nomor untuk urutan yang di atas diprioritaskan bagi pengurus struktural DPC dan PAC PDI-P.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: calon legislatif, PDI-P surakarta, pemilu 2014
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Apr 2014 07:46
Last Modified: 18 Oct 2021 21:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28528

Actions (login required)

View Item View Item