Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Kepramukaan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Jumariah, Ria and , Prof. Dr. H. Bambang Sumardjoko, M.Pd. (2014) Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Kepramukaan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (759kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Lampian)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk penguatan nilainilai Pancasila, kegiatan kepramukaan, dan penguatan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan kepramukaan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Sumber data penelitian ini yaitu studi kasus karena memfokuskan pada kasus tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk penguatan nilainilai Pancasila dapat dilakukan dengan pemberian latihan-latihan kepada peserta didik, dan pemberian contoh dari sikap dan perilaku pendidik. 2) Kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 2 Banyudono dislenggarakan secara efektif. Pelaksanaan kegiatan kepramukaan dilakukan dengan praktek dan memperhatikan ketertiban, serta keamanan yang dapat memberi kesempatan kepada peserta didik menerapkan pengetahuan dan kecakapan sesuai dengan usia peserta didik, selain itu pelaksanaan kegiatan kepramukaan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan dukungan oleh peralatan yang sesuai dan memadai. Macam-macam kegiatan kepramukaan yaitu upacara pembukaan dan penutupan pramuka, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan pembentukan regu, melatih semaphore, sandi, tali temali, pionering, dan hiburan. 3) Penguatan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan kepramukaan dapat menguatkan karakter bangsa, selain itu kegiatan kepramukaan dapat mewujudkan cita-cita dari nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila dan kegiatan kepramukaan bersumber pada Dasa Dharma pramuka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Nilai-nilai Pancasila, Kepramukaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Apr 2014 06:56
Last Modified: 18 Oct 2021 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28521

Actions (login required)

View Item View Item