Implementasi Aspek Religius Dan Kerja Keras Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Basuki, Didik (2014) Implementasi Aspek Religius Dan Kerja Keras Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (640kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (418kB)

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan implementasi aspek religius dan kerja keras dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan , implementasi aspek religus dan kerja keras dalam poses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, dan bentuk penilaian aspek religius dan kerja keras dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan sumber data informasi dari kepala sekolah, guru pendidikan kewarganegaraan, siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali, silabus, RPP, serta nilai tugas dan ulangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan mencatat dokumen atau arsip. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Metode penelitian menggunakan teknik interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen atau arsip. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Aspek religius dan kerja keras sudah terimplementasi dalam perencanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan baik. Pengimplementasian aspek religius dalam perencanaan berada pada langkah-langkah pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan dan inti. Kegiatan pendahuluan melalui berdoa, sedangkan kegiatan ini berada pada elaborasi dalam kegiatan pembentukan kelompok. Pengimplementasian aspek kerja keras dalam perencanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berada pada langkah-langkah pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan dan inti. Kegiatan pendahuluan melalui pengecekan kebersihan kelas, sedangkan kegiatan ini berada pada eksporasi, elaborasi, dan konfirmasi. 2) Implementasi aspek religius dan kerja keras dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sudah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru sebelumnya. Implementasi aspek religius siswa kelas VII berada pada kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dan pembentukan kelompok. Implementasi aspek kerja keras sudah terimplementasi. Pada kegiatan pendahuluan terimplementasi pada penecekan kebersihan kelas, kegiatan inti pada langkah membaca literatur dan menulis macam-macam HAM (eksplorasi), menulis hasil membaca tentang HAM dan berdiskusi (elaborasi), serta menyimpulkan hasil pengamatan (konfirmasi), kegiatan penutup pada penilaian yang dilakukan secara lisan oleh guru. 3) Implementasi aspek religius dan kerja keras sudah masuk dalam penilaian. Bentuk penilaian aspek religius berada pada soal dan penilaian tambahan. Bentuk soal biasanya bersifat pemahaman dari kehidupan sehari-hari siswa. Aspek kerja keras di implementasikan guru pendidikan kewarganegaraan ke dalam penilaian tambahan pada lembar niali. Nilai tambahan ini akan masuk langsung ke dalam nilai laporan hasil belajar akhir semester.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, aspek religius, aspek kerja keras, pendidikan kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2014 11:22
Last Modified: 03 Apr 2014 11:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28506

Actions (login required)

View Item View Item