Konstruksi Penanaman Nilai Nasionalisme Pada Novel Analisis Isi pada Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata untuk Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Fitriani, Diah Ayu (2014) Konstruksi Penanaman Nilai Nasionalisme Pada Novel Analisis Isi pada Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata untuk Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (463kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggambaran nasonalisme yang diperankan para tokoh dalam novel Sebelas Patriot, dan mendiskripsikan konstruksi pendidikan nilai nasionalisme dalam novel Sebelas Patriot. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan telaah dokumen. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membaca novel Sebelas Patriot secara berulang-ulang, sehingga data yang ditemukan valid. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data content analysis pada novel Sebelas Patriot. Peneliti menganalisis isi novel mengenai konstruksi penanaman nilai nasionalisme yang ada pada novel Sebelas Patriot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai atau pesan moral yang disampaikan melalui kalimat dan dialog para tokoh dalam novel tersebut. Konstruksi penanaman nilai nasionalisme dalam novel ini dapat dipahami dari dialog dan kalimat yang diperankan para tokoh dengan menggambarkan kehidupan masa penjajahan dan setelah merdeka. Nilai yang terkandung dalam novel Sebelas Patriot adalah nilai nasionalisme, rela berkorban demi bangsa dan negara, bangga menjadi warga negara Indonesia, dan memiliki semangat berprestasi dalam berbagai bidang untuk mengharumkan nama bangsa dan negara. Nilai nasionalisme rela berkorban demi bangsa dan negara tercermin dari sikap Pelatih Amin dan tiga saudara yang berani dan rela berkorban demi memperjuangkan martabat bangsanya. Nilai nasionalisme bangga menjadi warga negara Indonesia tercermin pada sikap Ikal yang mencintai PSSI. Nilai nasionalisme memiliki semangat berprestasi dalam berbagai bidang untuk meng-harumkan nama bangsa dan negara tercermin dalam sikap Ikal yang ingin menjadi pemain PSSI. Cerita novel Sebelas Patriot mengandung nilai nasionalisme, sehingga novel tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran PKn.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai, nasionalisme, novel, dan PKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2014 09:34
Last Modified: 03 Apr 2014 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28504

Actions (login required)

View Item View Item