Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Etnis Tionghoa (Studi Kasus pada Keluarga Etnis Tionghoa di Kampung Loji Wetan Kelurahan Kedung Lumbu Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta)

Nugraheni, Yunita Ary (2014) Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Etnis Tionghoa (Studi Kasus pada Keluarga Etnis Tionghoa di Kampung Loji Wetan Kelurahan Kedung Lumbu Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai nasionalisme pada keluarga etnis Tionghoa di Kampung Loji Wetan Kelurahan Kedung Lumbu Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yaitu narasumber (informan), tempat (peristiwa), dan dokumen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen atau arsip. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Metode penelitian menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai nasionalisme pada keluarga etnis Tionghoa telah dilakukan pada keluarga Bapak Sutopo Wonoatmojo, Bapak Andi Pratignyo, dan Bapak Ario Hadiputro antara lain: 1) Membela tanah air atau negara pada keluarga Bapak Sutopo dilakukan dengan taat membayar pajak, ikut dalam kegiatan-kegiatan sosial. Keluarga Bapak Andi dengan menggunakan produk-produk dalam negeri. Keluarga Bapak Ario, dilakukan melalui cerita-cerita perjuangan nenek moyang selama berjuang melawan penjajahan. 2) Rela berkorban demi kejayaan bangsa dilakukan keluarga Bapak Sutopo dengan ikut membantu dalam pembangunan jalan, perbaikan tanggul yang jebol, dan lain sebagainya. Keluarga Bapak Andi dengan mengikuti dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan Pemilu. Keluarga Bapak Ario dengan menjadi warga negara yang baik, membantu masyarakat di sekitar lingkungan, serta ikut dalam kegiatan Pemilu. 3) Loyalitas individual sepenuhnya diabdikan kepada negara dilakukan keluarga Bapak Sutopo dengan mengikuti segala kegiatan yang ada di masyarakat. Keluarga Bapak Andi dengan menggunakan bahasa Indonesia dan Jawa saat berinteraksi dengan karyawannya di bengkel. Bapak Ario, dengan menjadi ketua RT yang bertanggung jawab dan sebagai salah satu penghubung masyarakat. 4) Mengakui dan menghargai keanekaragaman bangsa Indonesia maupun bangsa lain demi terciptanya kedamaian ditunjukkan keluarga Bapak Sutopo dengan menghargai dan menghormati antar sesama, tidak membeda-bedakan antar jenis pekerjaan, suku bangsa, ras, agama, adat-istiadat, dan lain sebagainya. Keluarga Bapak Andi dengan mengikuti pertemuanpertemuan RW, acara di Kelurahan, di kampung, dan arisan bapak-bapak. Bapak Ario, ditunjukkan dengan saling menghargai dan toleransi yang kuat, tidak membeda-bedakan antar ras, suku dan agama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman, nilai-nilai nasionalisme, etnis Tionghoa.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2014 08:32
Last Modified: 03 Apr 2014 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28498

Actions (login required)

View Item View Item