Peranan Gerakan Pramuka Dalam Menanamkan Sikap Sosial Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Surakarta II Tahun Pelajaran 2013/2014

Himawan, Wanda and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2014) Peranan Gerakan Pramuka Dalam Menanamkan Sikap Sosial Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Surakarta II Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_UTAMA.pdf

Download (621kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas penanaman sikap sosial, untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penanaman sikap sosial, untuk mendeskripsikan peranan Gerakan Pramuka dalam menanamkan sikap sosial pada siswa kelas VII MTs Negeri Surakarta II Tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur stastistik. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penulisan menggunakan triangulasi data dan informan review, untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan realitas penanaman sikap sosial pada siswa kelas VII MTs Negeri Surakarta II tahun pelajaran 2013/2014 melalui kegiatan seperti mengembalikan barang temuan kepada bapak/ ibu guru, menjenguk teman yang sedang sakit, toleransi terhadap perbedaan, sopan santun dengan orang tua, disiplin terhadap peraturan dan bertanggung jawab terhadap tugas, Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penanaman sikap sosial pada siswa kelas VII MTs Negeri Surakarta II tahun pelajaran 2013/2014 yaitu faktor dari dalam seperti kemauan siswa dalam mengikuti Gerakan Pramuka dan faktor dari luar seperti pengetahuan orang tua dan ajakan teman. Peranan Gerakan Pramuka dalam menanamkan sikap sosial pada siswa kelas VII MTs Negeri Surakarta II tahun pelajaran 2013/2014 sangat besar karena dapat mempengaruhi penanaman sikap sosial yang dimiliki siswa seperti jujur, disiplin, tanggung jawab toleransi, sopan santun, gotong royong dan percaya diri melalui kegiatan yang menyenangkan dan dilaksanakan di alam terbuka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Pramuka, Sikap Sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2014 08:07
Last Modified: 18 Oct 2021 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28496

Actions (login required)

View Item View Item