Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Di SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2013/2014

Andalusi, Farikha and , Drs. Djoko Suwandi, SE., M.Pd (2014) Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Di SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (964kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (883kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh tingkat pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru di SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2013/2014. 2) Pengaruh pengalaman mengajar tehadap kompetensi pedagogik guru di SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2013/2014. 3) Pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru di SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di SMK Muhammadiyah Delanggu. Populasi dalam penelitian ini semua guru di SMK Muhammadiyah Delanggu sejumlah 45. Sampel diambil sebanyak 45 guru, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Sebelumnya angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda dengan variabel dummy, uji t dan uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian regresi diperoleh persamaan regresi Y=22,035+(- 1,187X1+0,604X2 yang artinya kompetensi pedagogik dipengaruhi oleh pengalaman mengajar. Kesimpulan yang diperoleh: 1) Tidak ada pengaruh tingkat pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru. Berdasarkan analisis regresi linear berganda diperoleh (uji t) diketahui bahwa thitung>ttabel, yaitu -1,011< 2,018 dan nilai signifikansi > 0,05, yaitu 0,318. 2) Ada pengaruh pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru. Berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,139> 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru . Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linear berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung>Ftabel, yaitu 19,903 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) variabel tingkat pendidikan memberikan Sumbanga efektif sebesar 1,8%, variabel pengalaman mengajar memberikan sumbagan efektif sebesar 46,9% total sumbangan efektif adalah sebesar 48,7%, sehingga dapat dikatakan bahwa pengalaman mengajar lebih dominan mempengaruhi kompetensi pedagogik guru. 5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,487 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru adalah sebesar 48,7% sedangkan 51,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pengalaman mengajar dan Kompetensi Pedagogik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2014 07:55
Last Modified: 19 Oct 2021 02:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28495

Actions (login required)

View Item View Item