Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi True Or False Pada Topik Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas VII A Mts Negeri Gondang Tahun Ajaran 2009/2010

HUDAYANI, VIKA TRI and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi True Or False Pada Topik Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas VII A Mts Negeri Gondang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (516kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (561kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar ada kelemahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan di MTs Negeri Gondang kelas VII A, terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di antaranya kurangnya perhatian siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan sehingga pengetahuan siswa kurang, kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran biologi, kurangnya antusiasme siswa untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, siswa tidak berani bertanya kepada guru apabila ada materi pelajaran yang kurang dimengerti, minat siswa terhadap materi kurang, karena metode yang monoton dan cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada topik Klasifikasi Makhluk Hidup dengan pembelajaran aktif menggunakan strategi True or False pada siswa kelas VII A MTs Negeri Gondang Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, diawali dengan membaca, bertanya kepada teman, serta diskusi dan diakhiri dengan postest pada tiap siklusnya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yaitu dengan cara menganalisa data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus terakhir, dimana analisis ini melalui metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata awal siswa aspek kognitif adalah 59,34 sedangkan untuk aspek afektif guru tidak mengevaluasinya. Siklus 1 pada aspek kognitif sebanyak 8 siswa (26%) yang mendapat nilai diatas , sesuai KKM. Siklus 2 16 (54%) siswa yang mendapat nilai , sesuai KKM. Siklus 3 26 siswa yang mendapat nilai, sesuai KKM. Pada aspek afektif siklus 1 11 (37%) siswa, siklus 2 27 (90%), siklus 3 30 (100%) semua sesuai KKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran menggunakan metode True or False ( Benar apa Salah ) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa Kelas VII A MTs Negeri Gondang Tahun Ajaran 2009 / 2010 meliputi ranah kognitif dan afektif khususnya pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran aktif, klasifikasi makhluk hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 02 Apr 2014 13:01
Last Modified: 17 Oct 2021 23:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28491

Actions (login required)

View Item View Item