UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN DAKON KELOMPOK B DI RA AN NISA 1, TURUS, KARANGPELEM, KEDAWUNG,SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013

MULYANI, SRI (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN DAKON KELOMPOK B DI RA AN NISA 1, TURUS, KARANGPELEM, KEDAWUNG,SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (569kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (814kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (741kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (646kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain Dakon pada anak kelompok B di RA An Nisa 1 Turus, Karangpelem, Kedawung, Sragen Tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh anak yang berada di RA An Nisa` 1 Turus, Karangpelem, Kedawung, Sragen tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Peningkatan kecerdasan kognitif pada anak melalui bermain dakon dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kecerdasan kognitif dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni rata-rata Sebelum tindakan anak sebesar 35,71%, rata-rata pada siklus I mencapai 43,11%, rata-rata pada siklus II mencapai 57,4% rata-rata pada siklus III sebesar 85,71%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bermain dakon dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif , Bermain Dakon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 01 Apr 2014 14:05
Last Modified: 02 Apr 2014 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28482

Actions (login required)

View Item View Item