Motivasi Serta Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Mahasiswa Asal Kalimantan Barat Yang Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Herda, Stefi and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si (2014) Motivasi Serta Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Mahasiswa Asal Kalimantan Barat Yang Melanjutkan Pendidikan Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DELPAN.pdf

Download (769kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (230kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (737kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mendiskripsikan mengapa mahasiswa yang berasal dari Kalimantan Barat melanjutkan pendidikan di UMS, 2) Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami oleh mahasiswa Kalimantan Barat. Penelitian di lakukan di sekitar kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta, dengan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan metode wawancara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif dengan menggunakan tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya. Sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan metode trianggulasi. Dari hasil wawancara diperoleh hasil bahwa: 1) Motivasi mahasiswa asal Kalimantan Barat melanjutkan pendidikan ke UMS: a. Karena mutu pendidikan yang lebih baik di bandingkan dengan pendidikan di Kalimantan Barat, b. Karena perbandingan biaya hidup antara di Kalimatan dan di pulau Jawa, karena di Solo biaya hidup lebih murah dibandingkan dengan di Kalimantan, c. Karena untuk mendapatkan pengalaman baru melalui berkunjung ke daerah lain yang belum pernah dikunjungi; 2) Faktor pendukung mahasiswa asal Kalimantan Barat melanjutkan pendidikan di UMS berdasarkan fasilitas yang lengkap, sarana prasarana yang memadai, tenaga pengajar yang lebih baik, akreditasi yang baik, dan dorongan dari orang tua; 3) Faktor penghambat mahasiswa asal Kalimantan Barat melanjutkan pendidikan di UMS berdasarkan berada jauh dari orang tua, keterbatasan pengetahuan mengenai daerah di Solo, tidak adanya kerabat yang tinggal di Solo, dan perbedaan bahasa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pendidikan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Apr 2014 11:19
Last Modified: 19 Oct 2021 02:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

View Item View Item