Hubungan Antara Citra Tubuh Dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik Make Up Wajah Pada Mahasiswi

UTAMI, WULAN TRI and , Dra. Zahrotul Uyun, M. Si, Psi (2014) Hubungan Antara Citra Tubuh Dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik Make Up Wajah Pada Mahasiswi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (690kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (931kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Mahasiswi merupakan wanita yang ingin merasa cantik dan menarik, salah satunya dengan menggunakan kosmetik make up wajah sebagai penunjang penampilan. Keinginan yang berlebihan terhadap pemakaian kosmtik make up wajah dapat menimbulkan perilaku konsumtif terhadap kosmetik make up wajah. Penerimaan diri terhadap citra tubuh yang baikdan positif akan mencegah timbulnya perilaku konsumtif make up wajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh dengan perilaku konsumtif make up wajah pada mahasiswi. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara citra tubuh dengan perilaku konsumtif make up wajah pada mahasisiwi. Populasi penelitian adalah mahasiswi fakultas psikologi UMS. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah incidental sampling. Sampel penelitian berjumlah 105 subjek. Pengambilan data dengan menggunakan skala citra tubuh dan skala perilaku konsumtif kosmetik make up wajah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat ukur skala, yaitu skala citra tubuh dan skala perilaku konsumtif kosmetik make up wajah. Teknik analisis data digunakan korelasi Product Moment dari Pearson dengan menggunakan perhitungan program Statistical Package for Social Science (SPSS) for windows versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar = -420 dengan signifikansi = 0,000: p<0,01, hal ini menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara citra tubuh dengan perilaku konsumtif kosmetik make up wajah. Sumbangan efektif citra tubuh terhadap perilaku konsumtif kosmetik make up wajah sebesar 17,6% dan sisanya 82,4% dipengaruhi variabel lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategorisasi citra tubuh tergolong sedang yang dilihat dari rerata empirik (ME) = 81,81 dan rerata hipotetik (MH) = 70. Sedangkan, pada variabel perilaku konsumtif kosmetik make up wajah tergolong rendah yang dilihat dari rerata empirik (ME) = 51,00 dan rerata hipotetik (MH) = 72,5. Mahasiswi yang memiliki citra tubuh sedang sebanyak 53 mahasiswi, dan perilaku konsumtif kosmetik make up wajah rendah sebanyak 46 mahasiswi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: citra tubuh, perilaku konsumtif kosmetik make up wajah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 28 Mar 2014 13:03
Last Modified: 19 Oct 2021 09:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28472

Actions (login required)

View Item View Item