Pengaruh Pembelajaran Ilmu Ekonomi Dan Progam Ekstrakulikuler Terhadap Sikap Mental Anak Di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Andeswari, Lintang Sumirat and , Drs. Sami'an, M.M (2014) Pengaruh Pembelajaran Ilmu Ekonomi Dan Progam Ekstrakulikuler Terhadap Sikap Mental Anak Di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (931kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
08.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (713kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran ilmu ekonomi terhadap Sikap mental anak di SMP Muhammadiyah 8 surakarta. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh progam ekstrakulikuler terhadap Sikap mental anak di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh Pembelajaran Ilmu Ekonomi dan Progam Ekstrakulikuler terhadap Mental Sikap Anak di SMP Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini secara nyata dapat diidentifikasi dengan jelas karena sifat dan identitas siswa terdeteksi oleh sekolah. Sampel diambil sebanyak 89 siswa dengan teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Pembelajaran ilmu ekonomi berpengaruh positif terhadap sikap mental anak, hal tersebut dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,294 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 14,7%. 2) Program ekstrakulikuler berpengaruh positif terhadap sikap mental anak, hal tersebut dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,287 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 14,6%. 3) Pembelajaran ilmu ekonomi dan program ekstrakulikuler berpengaruh positif terhadap sikap mental anak, hal tersebut dapat diterima. Berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,818 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,293 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pembelajaran ilmu ekonomi dan program ekstrakulikuler terhadap sikap mental anak, adalah sebesar 29,3% sedangkan 70,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Ilmu Ekonomi, Program Ekstrakulikuler dan Sikap Mental Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2014 07:41
Last Modified: 19 Oct 2021 02:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28464

Actions (login required)

View Item View Item