Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Kewirausahaan Dengan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 2 Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

Puspitasari, Romi Vira Luki (2014) Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Kewirausahaan Dengan Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas XI Akuntansi 2 Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (760kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar kewirausahaan melalui penerapan strategi role playing pada siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK2 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes yang diperoleh dari setiap tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada aspek kognitif, sebelum dilaksanakan tindakan diperoleh ratarata ketuntasan siswa sebesar 38,71% dan setelah dilaksanakan tindakan rata-rata ketuntasan meningkat menjadi 61,29% pada siklus I dan 90,32% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam beberapa indikator pada aspek afektif juga meningkat dari siklus I sampai siklus II. Sedangkan pada aspek afektif, sebelum dilakukan tindakan memiliki rata-rata sebesar 32,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 54,03% pada siklus I dan 72,98% pada siklus II. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi role playing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI AK2 SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi role playing, keaktifan, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2014 07:18
Last Modified: 28 Mar 2014 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28462

Actions (login required)

View Item View Item